Terbaru

Syarat dan Biaya Perpanjangan SKCK 2022



SKCK menjadi syarat wajib untuk pengurusan visa pelajar ke Thailand. Sebelumnya, pada tahun 2017 saya sudah pernah membuat SKCK di Polda Riau, ketika itu saya gunakan untuk mendaftar beasiswa LPDP. Karena di dalam SKCK lama tersebut sudah terdapat rumus sidik jari, maka saya cukup melakukan perpanjangan SKCK. 

SKCK untuk persyaratan visa hanya bisa diterbitkan oleh Polda dan Mabes Polri, untuk Polda pun harus sesuai dengan KTP, seperti saya yang ber KTP Riau, maka hanya bisa mengurus SKCK di Polda Riau.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah melengkapi persyaratan perpanjangan SKCK di Polda Riau, sebagai berikut:
  1. Fotokopi KTP (jangan lupa membawa KTP asli) (1 lembar)
  2. Fotokopi kartu keluarga (1 lembar)
  3. Pas foto 4 x 6 latar merah (4 lembar)
  4. SKCK lama (asli)
  5. Fotokopi paspor dan akta kelahiran (1 lembar)

Setelah semua persyaratan lengkap, saya kemudian melakukan pendaftaran online melalui laman http://skck.polri.go.id. Kita harus mengisi beberapa form online yang lumayan rinci seputar data pribadi, hubungan keluarga, pendidikan, perkara pidana, dan ciri fisik. Selain itu, kita juga harus mengupload hasil scan persyaratan-persyaratan sebagaimana disebutkan di atas ke laman SKCK online ini.

Setelah semua form terisi, maka kita akan mendapatkan pemberitahuan mengenai nomor pendaftaran serta tanggal kedatangan kita ke Polda, karena form ini sifatnya memiliki batas waktu (3 hari sejak hari pendaftaran), jika lewat, maka harus daftar ulang. 

Pada tanggal yang telah ditentukan, saya pun datang ke Mapolda Riau, bagian pengurusan SKCK.  Saya datang lebih awal, dengan harapan cepat selesai. Waktu itu, pengurusan SKCK relatif sepi, hanya ada 3 orang (saya antrian ketiga). Setelah nomor antrian dipanggil, saya pun menuju loket, petugas bertanya dan saya pun menyampaikan maksud serta tujuan perpanjangan SKCK, petugas menerima dan memverifikasi persyaratan yang saya bawa. Setelah dianggap lengkap dan sesuai, saya dipersilahkan menunggu kembali sampai SKCK selesai dicetak, kurang lebih 15 menit saya menunggu.

Setelah SKCK selesai, petugas pun menyampaikan mengenai biaya pembuatan SKCK, yaitu sebesar Rp. 30.000,- yang dibayarkan langsung di loket SKCK.

Kwitansi pembayaran SKCK




















0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close